Anggota DPR RI Sartono Hutomo Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Ponorogo

Anggota DPR RI, Sartono Hutomo, SE., MM, dari Partai Demokrat Dapil VII Jawa Timur melakukan kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Ponorogo. (Foto: Istimewa)
logo

REDAKSIIJAKARTA.COM – Anggota DPR RI, Sartono Hutomo, SE., MM, dari Partai Demokrat Dapil VII Jawa Timur melakukan kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang menjadi landasan Bangsa Indonesia. Hal tersebut sebagai upaya memberikan edukasi kepada masyarakat dan menyegarkan semangat ke Indonesia dan juga nilai-nilai dasar kebangsaan.

Selain itu, keempat pilar Kebangsaan yang disosialisakan diantaranya Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, digelar pada Rabu 10 Mei 2017 kemarin di Kadipaten, Kec. Karangpatihan Kab. Ponorogo.

Sementara itu, acara sosialisasi empat pilar tersebut menampilkan narasumber diantaranya dari unsur Akademisi, Qomarudin Muhammad SE., M.M, Suprayitno SE, dan Tenaga Ahli DPR RI, Fadli Laksono S.Ikom, M.Ikom dengan turut dihadiri oleh 150 peserta dari berbagai unsur masyarakat.

Dalam sambutannya, Sartono Hutomo mengatakan, tentunya dengan kegiatan ini dapat mengedukasi kepada masyarakat terkait 4 pilar kebangsaan dan pentingnya harmonisasi hubungan pusat dan daerah.

Bacaan Lainnya

“Dalam negara yang memiliki sistem pemerintahan terpusat, pusat memiliki kewenangan yang lebih besar dalam pengambilan keputusan dan pemberian arahan kepada daerah-daerah di bawahnya,” kata Sartono Hutomo dalam keterangan yang diterima, Selasa (16/04/2024),

Namun, lanjut Sartono, dalam negara yang menganut sistem pemerintahan terdesentralisasi atau federal, kewenangan dibagi antara pusat dan daerah dengan berbagai tingkatan.

“Hal pentingnya adalah mencari keseimbangan yang tepat antara otonomi daerah dan kesatuan negara, sehingga kepentingan nasional dan lokal dapat terpenuhi dengan baik. Komunikasi, dialog, dan kerjasama antara pusat dan daerah sangat penting dalam memastikan tercapainya tujuan bersama untuk kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh,” tambah Sartono.

Oleh karena itu, kata Sartono, kami selaku anggota DPR MPR RI memiliki tugas dalam hal mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan di seluruh Indonesia, karena dengan dilandasi 4 pilar tersebut persatuan dan kesatuan negara kita tetap terjaga dengan satu ideologi yang sama yakni Pancasila sebagai dasar negara.

Aktualisasi nilai pancasila menjadi penekanan dalam kegiatan sosialisasi ini, Sartono mengingatkan bahwa nilai dasar pancasila sebagai landasan nilai dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Diakhir, Sartono mengatakan bahwa pembinaan ideologi Pancasila terhadap masyarakat harus terus dilakukan. Hal ini penting untuk menyampaikan bahwa Pancasila merupakan garis besar kehidupan bangsa.

“Dengan terus mengajarkan dan memperkuat pemahaman masyarakat tentang ideologi ini, diharapkan masyarakat dapat memahami, menghargai, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ini juga akan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” tutupnya.

logo redaksi Jakarta terbaru

Pos terkait